Perbedaan Antara Kutub Utara Dan Selatan

Perbedaan Antara Kutub Utara Dan Selatan

Apa sih bedanya kutub utara dengan kutub selatan itu.. Yang jelas-jelas ke-2 kutub itu di liputi oleh es,, ya itu lah yang kita kenali..

Beberapa dari kita umumnya sudah mengetahui jika penguin cuma dapat diketemukan di Kutub Selatan. Janganlah pernah mengharapkan lihat burung hitam putih itu di kutub utara,, : -)

Walaupun keduanya sama daratan di ujung planet Bumi yang diliputi es, kutub utara serta kutub selatan mempunyai banyak ketidaksamaan. Penguin cuma salah satu nya saja

Lokasi es Arktik di kutub utara pada intinya adalah lautan beku yang dikelilingi daratan yang kerap dimaksud lingkaran Arktik (Arctic Circle). Demikian sebaliknya, Antartika di kutub selatan yaitu daratan benua dengan lokasi pegunungan serta danau berselimut es yang dikelilingi lautan.

Benua Antartika memiliki kandungan nyaris 90 % es di semua dunia. Bila dicairkan, semua es Antartika cukup untuk penuhi tiga perempat keperluan air minum di semua dunia. Jadi janganlah heran bila Pangeran Mohammed Al Faisal dari Saudi Arabia pernah merencanakan mengangkut 100 juta ton es dari Antartika ke negaranya.

Benua Antartika tambah lebih dingin dari pada Arktik hingga bahkan juga ada susunan es disana yg tidak pernah meleleh selama histori. Temperatur rata-ratanya -49 derajat Celcius. Suhu terdingin pernah terdaftar pada 21 Juli 1983 sebesar -89, 6 derajat Celcius di Stasiun Vostok, dekat kutub geomagnetik selatan. Sesaat Arktik mempunyai temperatur rata-rata lebih tinggi seputar -34 derajat Celcius.

Lantaran suhu yang lebih hangat ini, terbentuknya lubang ozon diatas kutub utara tak separah kutub selatan. Karena, suhu yang lebih hangat mengakibatkan pembentukan awan stratosfer yang mengakibatkan kerusakan susunan ozon lebih sedikit. Walau sekian, susunan stratosfer diatas kutub utara alami pendinginan dari th. ke th. hingga lubang ozon makin besar. Mungkin saja tidak bakal sebasar lubang ozon di Antartika yang meraih luas benua Eropa.

Daratan es yang didominasi susunan es tidak tebal di Arktik lebih gampang retak waktu musim panas tiba. Bahkan juga, laporan paling akhir mengatakan, ratakan es sudah menempa semua sisi Arktik waktu tiba musim panas. Di Antartika retakan susunan es menempa wilayah-wilayah tepian saja tetapi sekali terlepas, pulau es yang mengapung dapat berlayar dari Antartika hingga ke Selandia Baru.

Hingga sekarang ini, lokasi Kutub Utara masih tetap jadi rebutan diantara negara-negara adikuasa. Russia telah cepat-cepat mengklaim kekuasaannya di kutub utara dengan menancapkan bendera di basic perairannya th. lantas. Russia telah menyipakan pengeboran gas di Lomonosov Ridge, barisan pegunungan bawah laut pada kedalaman 1920 mtr. untuk beroleh 10 miliar ton gas.

Namun, AS juga tidak ingin kalah dengan kirim kapal pemecah es Coast Guard untuk memetakan kembali batas wilayahnya di Alaska saat sebelum susunan es disana selalu berkurang lantaran pemanasan global. Tubuh Survey Geologi AS memperkirakan ada kandungan minyak dibawah Arktik hingga seperempat kandungan minyak dunia.

Walau Kutub Selatan diprediksikan juga menaruh minyak terlebih di seputar Laut Ross, kemungkinan ditambang sekarang ini sangatlah kecil. Antartika sudah memperoleh perlindungan sesuai sama Traktat Antartika yang melarang siapa saja lakukan semua bentuk eksplorasi minyak serta jadikan Antartika lokasi damai dan penelitian berbarengan.

Selama histori, Antartika memanglah tak pernah dikuasai siapa saja serta tak ada masyarakat asli disana. Kontras sekali dengan lokasi lingkaran Arktik yang ada banyak kota berpenduduk seperti Barrow di Alaska, Tromso, Norwegia, dan Muramansk serta Salekhaard, Russia. Di kutub utaralah beberapa orang Eskimo bermukim.

Diluar itu juga, cuma di Arktik saja beruang kutub dapat diketemukan dengan cara alami. Mungkin saja ini dapat argumen paling kuat kenapa penguin yang cuma diketemukan di kutub selatan tak pernah memakai sayapnya untuk terbang. Hidup di lokasi kekuasaan semasing, penguin serta beruang kutub keduanya sama makan ikan serta tempati puncak rantai makanan.

Begitu kerennya bumi ini yang di liputi oleh 2 kutub yang sangatlah indah serta terlihat sama meskipun sesungguhnya mempunyai ketidaksamaan yang jauh..

0 Response to "Perbedaan Antara Kutub Utara Dan Selatan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef