Manfaat Bawang Putih (Allium sativum L.)

Manfaat Bawang Putih (Allium sativum L.)



Apabila sahabat Etude dengar bawang putih, mungkin saja yang terbayang yaitu bau mulut yang mengganggu. Walau sebenarnya bawang putih yaitu salah satu dari tanaman obat yang banyak faedahnya, hingga dijuluki “umbi seribu khasiat”. Sebenarnya zat apa yang terdapat didalamnya? Apakah benar semakin tajam aromanya bermakna semakin tinggi khasiatnya?

Tanaman dengan nama latin “Allium sativum” ini termasuk juga bumbu dapur yang sangatlah popular di Asia. Ia memberi rasa harum yang khas pada masakan, sekalian turunkan kandungan cholesterol yang terdapat pada bahan makanan yang memiliki kandungan lemak. Jadi janganlah heran bila pada masakan Cina, Korea serta Jepang banyak memakai bawang juga sebagai bumbu intinya.

Bawang putih sudah dipakai juga sebagai obat sepanjang beberapa ribu th.. Bahkan juga 3000 th. SM, beberapa pujangga Cina sudah menguji serta menulis faedah bawang putih! Cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga sudah menguji bawang putih pada th. 335 SM untuk dipakai juga sebagai penyembuhan. Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada beberapa pekerja yang bangun piramida untuk melindungi mereka supaya terus kuat serta sehat. Orang Rusia jadikan bawang putih juga sebagai “ganti antibiotic” serta di kenal juga sebagai “Penisilin Rusia” lantaran diakui memiliki kandungan 1/10 kebaikan penisilin.

Faedah bawang putih untuk kesehatan telah sangatlah popular di dalam orang-orang mulai sejak zaman dahulu. Terkecuali juga sebagai pendongkrak stamina sex, saat ini bisa di pastikan bawang putih juga dapat mencegah flu, membasmi cacing perut, menyembuhkan rematik, serta meredakan insomnia. Juga dapat memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, tidak seimbangan cholesterol serta kanker. Dari demikian banyak faedah bawang putih, beberapa pakar sudah temukan faedah baru bawang putih yakni bisa menghindar berat tubuh serta bahkan juga turunkan berat tubuh. Satu tes laboratorium tunjukkan bahwa tikus-tikus yang didapatkan gula diet bakal alami penurunan berat bila mereka di beri juga komponen bawang putih.

Kandungan Kimia serta Kegunaannya

Senyawa yang ada pada bawang putih yaitu aliin. Saat bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sesungguhnya tak berbau bakal terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah jadi alisin, amonia, serta asam piruvat. Bau tajam alisin karena sebab kandungan zat belerang. Aroma khas ini jadi tambah menyengat saat zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke hawa, karena ammonia gampang menguap. Senyawa alisin bermanfaat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, kurangi tanda-tanda diabetes serta kurangi desakan darah.

Terkecuali alisin, bawang putih juga mempunyai senyawa lain yang bermanfaat obat, yakni alil. Senyawa alil paling terdapat banyak berbentuk dialil-trisulfida yang bermanfaat memerangi penyakit-penyakit degeneratif serta aktifkan perkembangan beberapa sel baru.

Pilih Bawang Putih

Bawang putih yang digunakan di dapur hanya salah satu dari banyak varietas bawang putih. Ada yang warna kulitnya keungu-unguan, serta ada yang bersemu merah muda. Yang popular yaitu yang berwarna putih, yakni yang kita gunakan keseharian di dapur.

Bagaimanakah pilih bawang yang baik? Varietas apa pun yang anda beli, pastikan yang umbinya mulus serta kulitnya kering. Umbi yang siungnya kecil, aromanya lebih kuat. Dalam situasi kering, bawang putih tahan disimpan berbulan-bulan, asal di taruh di tempat yang kering serta sejuk. Janganlah disimpan dilemari es, lantaran bakal tumbuh daun. Bila hawa terlampau panas, bawang putih bakal cepat mengkerut serta berbubuk abu-abu.

Product Herbal

Sekarang ini sudah ada product bawang putih berbentuk kapsul. Product ini ada juga sebagai pilihan product herbal bawang putih berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Herbal ini terbuat dari 100% bawang putih murni (Allium sativum) pilihan yang dikeringkan dengan mesin oven pengering untuk menanggung keseragaman tingkat kandungan air 5% serta melindungi higienitas bahan baku. Tingkat kandungan air 5% adalah batas mikroba tidak bisa hidup serta berkembang biak. Pengeringan dikerjakan dengan suhu rendah untuk melindungi kandungan zat aktif bawang putih serta menjaga kandungan minyak atsiri yang ditandai dengan terus terciumnya aroma khas bawang putih serta warna bahan baku yang putih bersih.

Misal Penggunaan

Penyakit Diabetes

Juga sebagai obat diabetes, bawang putih bias dikonsumsi tiap-tiap harisesudah makan. Pagi, siang serta malam semasing dua atau tiga suing sekali makan.

Dari pengalaman, mereka yang bobot tubuhnya dibawah 60 kg disarankan memakai dosis dua suing bawang atau setara dengan tujuh gr sekali makan. Tengah untuk mereka yang berbobot kian lebih 60 kg dengan dosis tiga suing bawang atau setara dengan sepuluh gr.

Cara pemakaiannya bias di buat sambal kecap dengan diiris-iris berbarengan bawang merah serta cabe untuk rekan makan nasi. Dapat pula dimemarkan lalu diseduh dengan air panas sejumlah 1/2 gelas serta setelah itu diblender atau dijus.

Cara lain lagi yaitu bawang diparut, lalu diseduh air panas lantas diminum sesudah hangat tersebut ampas-ampasnya.

Untuk pasien diabetes, baiknya check laboratorium dahulu saat sebelum memakai resep ini. Sesudah memakai resep ini sepanjang satu minggu baiknya teliti lagi di laboratorium. Jika berlangsung penurunan kandungan gula darah cukup banyak, dosis baiknya di turunkan. Jika kandungan gula dalam darah mendekati normal, kurangi lagi mengkonsumsi bawang putihnya.

Nah, nyatanya bawang putih banyak khasiatnya bukan? Oleh karenanya untuk melindungi keadaan, silakan anda membiasakan konsumsi bawang putih, minimum dua suing satu hari.

22 KHASIAT BAWANG PUTIH :

1. Menghalangi kemerosotan otak serta system kekebalan

2. Menolong menghalangi sistem penuaan. Menghalangi perkembangan sel kanker.

3. Dengan konsumsi bawang putih, kemungkinan terserang kanker bisa dikurangi.

4. Bawang putih yang dikonsumsi dengan cara teratur dalam periode waktu spesifik bisa menolong turunkan kandungan cholesterol.

5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene membantu menghindar penggumpalan darah.

6. Bawang putih bisa menolong meredakan stress, kekhawatiran, serta depresi.

7. Dengan dampak yang lebih lembut. Bawang putih memiliki kandungan vitamin A.

8. Bawang putih memiliki kandungan vitamin B.

9. Bawang putih memiliki kandungan vitamin C.

10. Bawang putih memiliki kandungan kalsium.

11. Bawang putih memiliki kandungan potasium

12. Bawang putih memiliki kandungan anti-oksidan. Bawang putih memiliki kandungan karoten serta selenium

13. Konsumsi 2-3 siung bawang putih satu hari, bakal menghindari dari kemungkinan berpenyakit jantung.

14. Mengobati desakan darah tinggi

15. Memudahkan tukak lambung

16. Turunkan cholesterol dalam darah

17. Tingkatkan insulin darah untuk pasien diabetes.

18. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu system kekebalan badan

19. Berguna juga sebagai penawar toksin (detoxifier) yang membuat perlindungan badan dari beragam jenis penyakit.

20. Menolong memberikan nafsu makan jika dikonsumsi mentah

21. Melindungi stamina badan

22. Memiliki kandungan manfaat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, serta mempunyai antivitas juga sebagai antitumor.



Tetapi seberapapun khasiatnya suatu obat, bila tak dimbangi dengan gaya hidup sehat seluruhnya itu sia-sia


KEGUNAAN & CARANYA :

Hipertensi : a 2-3 siung bawang putih dikupas, bersihkan, kunyah, lantas ditelan sembari minum air hangat. Kerjakan 3 kali satu hari. b Bawang putih dibakar hingga masak, makan. Dua hari pertama makan 6 siung setelah itu sepanjang satu minggu makan 2 siung. (1)

Sakit kepala : Umbi bawang putih dilumatkan, lantas borehkan pada dahi. (2)

Flu : Bawang putih, bawang merah, jahe dengan ukuran yang sama dikupas, bersihkan, seduh. Tutup sepanjang 15 menit, sisihkan jahenya, makan bawang merah, bawang putih, minum airnya. (3)

Disentri : 2 siung bawang putih dikupas, bersihkan, rebus dengan satu gelas air. Minum saat sebelum makan. Kerjakan 3 kali satu hari, sepanjang 2-3 hari. (4)

Batuk rejan serta bronkhitis : 30 gr bawang putih, kupas, bersihkan, lumatkan, campur dengan gula batu serta satu gelas air masak, diamkan sepanjang 5-6 jam. Minum 1 sendok makan penuh sehari-hari sepanjang sekian hari. (5)

Borok : 2-3 siung bawang putih dikupas, bersihkan, lumatkan, campur dengan 1 sendok minyak kelapa sampa rata. Berikan di bagian yang bengkak. (6)

Luka terkena benda tajam berkarat : Bawang putih dikupas, bersihkan, bakar, celupkan ke minyak kelapa, lumatkan. Berikan di bagian yang luka. (7)

Cacingan : 3 siung bawang putih dikupas, bersihkan, kunyah hingga halus, telan serta minum air hangat. Kerjakan 1-2 kali satu hari. (8)

Nyeri haid : 2 siung bawang putih dikupas, kunyah halus, telan. Minum 2 sendok makan air hangat. Kerjakan 2 kali satu hari. (9)

Migrain : 2 siung bawang putih dikupas, bersihkan, kunyah perlahan-lahan hingga lumat lantas telan serta minum air hangat. Kerjakan 2 kali satu hari. (10)

Perut kembung : 2 siung bawang putih dikupas, bersihkan, kunyah perlahan-lahan hingga halus, telan lantas minum air hangat. Kerjakan 3 kali satu hari. (11)

Bisul yang baru tumbuh : 1 siung bawang putih, kupas, bersihkan, iris. Berikan pada bisul yang baru muncul. Kerjakan berulang-kali. (12)

Sakit maag : Bawang putih laki-laki (yang tumbuh sendiri, tunggal, tak bergerombol), dikupas, bersihkan, kunyah. Kerjakan 3 kali satu hari. (13)

Asma, batuk, masuk angin : 3 siung bawang putih dikupas, bersihkan, lumatkan. Beri 1 sendok makan madu serta gula batu yang telah dicairkan. Campur seluruhnya bahan, aduk rata, saring. Minum tiap-tiap pagi hingga pulih. (14)

Keluarkan serpihan kaca, kayu/duri : Bawang putih dikupas, bersihkan, lumatkan. Tempelkan di bagian yang disebut. (15)

Ambeien : Bawang putih dikupas, bersihkan, lumatkan, peras, berikan airnya di seputar anus sehari-hari. (16)

Cantengan : Bersihkan 2 siung bawang putih yang telah dikupas serta 2 kemiri. Lumatkan serta beri garam dapur. Tempelkan pada kuku yang bengkak, balut. Ubah satu hari 2 kali, pagi serta sore. (17)

Asma : 10 siung bawang putih dikupas, bersihkan, irislah, rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 3/4. Sesudah dingin, saring, minum 3 kali satu hari @ 1/2 gelas dengan 1 sendok makan madu. (18)

Digigit serangga beracun : 6 siung bawang putih dikupas, bersihkan, lumatkan, berikan di bagian yang disengat, balut. (19)

Serta bisa dipakai juga sebagai obat penyakit kutil, langkahnya : keprek bawang putih (jangan sempat halus) lantas tempelkan pada kutil serta ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggulah hingga 30 menit, janganlah terlampau banyak bergerak, jadi kulit bakal panas serta kutil bakal menghitam. Besoknya anda terlepas dari kutil. (20)

Bawang putih memiliki manfaat juga sebagai antibiotik alami di pada badan manusia.


Dampak Penggunaan Bawang Putih :

Disebabkan konsumsi bawang putih terlampau banyak bikin napas kita jadi bau, untuk menghilangjkannya kita bisa lakukan cara –cara di bawah ini :
1. Meminum air teh kental atau kopi sesudah mengkonsunsi bawang putih
2. Mengonsumsi kulit limau lewat cara dikunyah
3. Menyeimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dantelor
4. Memakai bawang putih lewat cara di rebus terlebih dulu ataUdijadikan acar

Dalam konsumsi bawang putih baiknya tak dikonsumsi mentah, lantaran bisa mengganggu lambung. Oleh karenanya disarankan supaya bawang putih terlebih dulu di rebus, digoreng, atau dipanggang dahulu saat sebelum makan. Namun bawang putih tak bisa dipakai berbentuk apa pun pada saat ada serangan penyakit dibagian perut serta usus besar.

1 Response to "Manfaat Bawang Putih (Allium sativum L.)"

  1. Iya, bawang putih memang bagus untuk berbagai penyakit, apalagi ditambah habbatussauda
    Ini produk habbagarlic cocok dikonsumsi

    http://berkhasiat.web.id/jualan/herbal-darahtinggi-kolestrol-habbagarlic-af/

    atau kunjungin situs www.berkhasiat.web.id

    Atau langsung pesan sarang semut papua secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line


    BalasHapus

wdcfawqafwef